Senin, 19 April 2010

Anak Baru Ngekos..!!!^_^

Anak Baru Nge-kost..!!!^_^
Untuk Pertama Kalinya Menjadi Anak Kos
By: Annisa febrinel Hendry
Inspired by : the last note of Leonardo Weldy (Institut Teknologi Bandung)

Aq yakin, rata-rata temen-temen yang membaca tulisan ini pasti pernah jadi anak kos (nge-kos). Gimana rasanya??? did U enjoy???^_^

Aq punya cerita nech tentang itu. Aq pernah ngekos selama 1,5 bulan di kota Padang. Karena aq mengikuti bimbel super intensif untuk menghadapi ujian SNPTN di GO (Ganesha Operation). Gak mungkin kan aq pulang pergi dari Payakumbuh-Padang??? Bisa-bisa aq mati kecapek an…atau bangkrut menanggung ongkosnya,,hehehe…
Yaa…!!! Payakumbuh-Padang bukanlah jarak yang dekat. Bisa menempuh perjalanan selama 3 jam.

Tiga minggu sebelum les dimulai, kami sudah kocar-kacir membicarakan tempat kos. Emang situasi sebelum SNMPTN ini, kos-kos an pada terisi semua and harganya agak melonjak.

“Chay, kita ngekos bareng yuk!” Anez menawarkan q untuk setempat kos. Anez adalah salah satu sahabat q, tapi dia beda jurusan sama aq. Dia jurusan ke Lebak Bulus, sedangkan aq jurusan ke Kebayoran Lama…Eeh salaah…^_^, yang benar, dia jurusan IPS n’ aq jurusan IPA.:-)
“Ok, tapi gimana cara mencari tempat kosnya?Aq gak ngerti sama sekali masalah kos-kosan,” jawab q.
“Chay tenang aj, ntar kita minta tolong Bang Devit aja, saudara anez, dia kan sekarang kuliah di Padang.”
“Ya dech..^_^ ”

Beberapa hari kemudian Anez memberitahukan aq, kalau Bang Devit sudah mendapatkan tempat kos untuk kami. Tapi harus bayar uang muka dulu setengah harga. Akhirnya dijadiin uang Anez dulu buat bayarnya sebesar 150 ribu. Berarti sisanya, 200 lagi ntar, pas mulai ngekos, dua minggu lagi.

Gak terasa, tibalah waktunya kami menempati kamar kos kami. Kami berdua sama-sama belum pernah ngekos…gimana nasib kami??huhu…

Semua barang-barang kami dibawakan oleh papa dan mama Anez menggunakan mobil pick up. Sementara aq, mama q dan Anez ke Padang dengan “Tranex”. Udah kayak mu pindah rumah aja,hahah..:D,,pake acara dianterin orangtua segala lagi,,xixixi..maklum,,,anak baru belajar ngekos,,,^_^

Tau gak kami bawa apa saja???
Kasur, locker, koper, kipas angin, magic com, setrikaan, tiraian pintu+kincring2an nya juga (aq nyopot yang ada di kamar aq,,hahah), boneka, selimut, seprai, karpet, beras, piring, gelas,etc…lumayan lengkap kaan??hihihi..^_^

Setelah perlengkapannya diturunkan, orangtua kami pun pulang. Oh ya, sebelumnya ibu kos bilang kalau kamar yang 350 itu kosan yang di depan, beliau menunjukkan sebuah kamar tanpa jendela, pokonya pengap dech. Dan ibu kosnya menawarkan kamar yang lain, tapi harganya 400 ribu. Akhirnya kami memilih yang 400 itu. Itu pun juga udah pilihan orangtua kami. (Ibu kos kok gak bilang dari dulu sech???)

Sorenya, kami berencana untuk melunaskan bayaran kami. Kami pun menghitung2 berapa lagi yang harus kami bayar. Uang kosnya 400 ribu,,udah dibayar 150 rb, berarti sisanya 250 ribu. Truz kami turu ke bawah, menuju rumah ibu kos.

Eeeh, tau gak apa yang terjadi??? Ibu kosnya bilang kalo kami harus bayar penuh. Katanya uang yang 150 itu buat membayar kamar kosnya yang kosong selama 2 minggu karena kami booking sebelumnya.

What???spontan saja kami kaget??kok gitu sech?? Jelas-jelas di buku bayaran dituliskan “Uang muka sebesar 150”. Ibu kos nya tetap ngotot. Dia bilang mungkin kakak kalian yang nyariin kosan ini salah denger. Uang yang 150 itu buat bayar kamar kosong, katanya.

Huh, kebayang gak, betapa keselnya kami pada saat itu??? Uang yang 150 itu, hilang begitu saja, tanpa kami gunakan/tempati.

Kamin pun menelpon orangtua kami yang mungkin masih di perjalanan pulang. Pertamanya mereka marah-marah. Gimana sech???kok ibu kosnya gak clear gitu maslah harga??kata mereka.

Akhirnya, dengan terpaksa, kami bayar juga. Tetapi tunggu dulu, urusan belum selesai. Ibu kosnya bilang, “Kalian pakai magic com, bayar 25 ribu, kipas angin, juga segitu,jadi totalnya, kalian nambah 50 ribu,” katanya.

“Astaghfirullahal’aziim…” Ibu kos ini emang gak jelas banget dech, dikit-dikit uang,,,Keseeel bangeet…

Sebelum melangkah meninggalkannya, dia bilang uang kebersihan, masing-masing seribu…Haaaaaaaa….Uang lagiiii….kayaknya Ibu kosnya minta kami smack down dech…arrghhh…!!!

Setelah itu kami kembali ke kamar. Tapi kok ada sedikit yang aneh dech…Tiap kami nginjak keramiknya, berbunyi,,,kayaknya ada rongga gitu di bawah keramiknya. Jalan kesini, bunyi…Jalan ke sana, bunyi lagi…huuh..!!!

Kami pun tidur-tiduran di sebelah sudut kamar. Lelah banget hari ini…naik turun tangga mengantarkan barang-barang. Tiba-tiba….Krrakkk…terdengar bunyi yang keras sekali.
“Bunyi apaan ya, Chay???” Tanya Anez pada q.
Setelah kami periksa…oalaah….keramik di pojok depan, meleduk (agak menggembung gitu)…!!!Waduuh…ni kamar gak nyaman banget, banyak masalahnya, pikir q dalam hati.

Teman-teman tau gak kenapa keramiknya meledak??? Kalau menurut aq sech gini, jadi semua keramik di kamar kami, bawahnya itu agak kosong, kata ibu kosnya lupa ngasih pasir di adonan semennya dulu, jadi ketika kami berdua berada di pojok belakang, di sana pun mendapatkan tekanan, sehingga udara memaksakan diri untuk keluar dari pojok depan, yang membuat keramik terdorong keluar, malah akhirnya pecah….

La la la….kosan pertama, tapi kesannya gak menyenangkan…!!!!:-(, pasti kosan temen-temen gak sejelek kosan kami. Udah jelek, mahaal lagi…huhuhu…

Belum lagi masalah air,,,udah seminggu kami di sana, kamar mandi di dalam kamar, belum bisa digunakan, karena airnya mampet, gak bisa keluar (kamar mandinya bau banget lagi,,huh). Kata Bapak kosnya, numpang aja dulu sama kamar mandi di depan.

Bersambung dulu dech…
Written about a week ago · ·

2 komentar:

  1. parah tuh ibu kos nya..
    ngeselin banget.. ;|

    tapi icha lucu deh, padahal nge kos sebentar tapi bawaannya lengkaaaaap banget, bener2 kaya orang mau pindahan hehe

    BalasHapus
  2. waduuuh,,,sorry bnget dech ikri,,,rumah ane yg ini kosong,ditinggal penghuninya,,,mkanya ane bru tw klo ada tamu..hahahha....

    iya ikri,,,maklum,anak baru ngekos,,wkwkkwk..^_^

    BalasHapus

makasih ya udah baca blog icha :)
silahkan komentar yaaa :)